Skip to main content

Ngoding

Bagi orang awam yang baru aja mau masuk ke ranah pemrograman, ngoding itu gak mudah dipelajari. Ibarat mendulang semangat untuk bangkit dari rasa malas, belajar bahasa pemrograman itu butuh waktu yang lama dan mental baja yang lebih, terutama kesabaran. Error itu emang gampang banget bikin baper. Ya kan ya? Mengingat saya juga benar-benar belajar ngoding dari nol, jd saya tau banget rasanya gimana diejek oleh error terus-terusan, dijejali console hitam putih yang sungguh tak sedap dipandang oleh saya yang lebih menyukai estetika User Interface. Suka gak suka sih, masa-masa tersebut terlewati jg sampai sekarang, dari fase benci menjadi cinta :D Ternyata memang bener dah kata orang, benci dan cinta itu beda-beda tipis wkwk.

From all above, saya menghargai siapapun orang yang mau belajar ngoding, terutama untuk adik-adik tingkat saya yang sedang dalam tahap pengerjaan skripsi. Saya suka bilang ke adik tingkat gini, berikan cerita terbaik di masa-masa terakhir kuliah dengan usaha untuk ngerjain skripsi dari tangan sendiri. Berat? iya skripsi itu berat. Tapi saat kamu pake toga di acara wisudamu nanti, kamu akan tau bahwa kamu ternyata bisa melewati sesuatu yang awalnya kamu anggap berat, ternyata bisa kamu lalui dengan kepuasan yang berbeda karena diselesaikan sendiri. Mental pun teruji saat skripsi hingga bisa buat bekal menuju ke jenjang berikutnya.

Intinya, gak usah terlampau sempurna, asal buat sendiri. Apa gunanya dosen pembimbing coba? Dan lagi, segala sesuatu yang 'terlalu' itu gak baik juga. Ntar yang ada malah dosen curiga dengan skripsi yang kamu buat :p Merancang sistem buatan sendiri itu udah keren banget kok, lebih lagi kalo sampai dengan tahap implementasi, itu merupakan apresiasi lebih menurut saya. Tentunya dengan catatan bahwa kamu telah berikhtiar dengan maksimal. Dan yang terpenting, saat berikhtiar itu jangan lupa imbangi dengan do'a.

Selamat berjuang, semoga dimudahkan segala sesuatunya ya, dik! :)


Comments