Skip to main content

[Download E-Book] Putra Putri Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam


[Download E-Book] Putra Putri Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam

Putra-putra Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam
Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam memilik tiga orang putra, yaitu:
  1. Al-Qasim, dilahirkan di Makkah sebelum Muhammad diangkat menjadi Nabi. Al-Qasim meninggal di Mekah pada usia dua tahun. Namun menurut Qatadah, Al-Qasim meninggal ketika ia sudah bisa berjalan.
  2. Abdullah, dinamakan juga dengan at-Thayyib (yang baik) dan at-Thahir (yang suci) karena ia dilahirkan sesudah Islam. Ada pendapat yang mengatakan bahwa at-Thayyib dan at-Thahir ini adalah putra Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam yang lain, namun pendapat pertama adalah yang benar.
  3. Ibrahim, dilahirkan dan wafat di Madinah tahun sepuluh hijriah pada usia tujuh belas atau delapan belas bulan.

Ada pendapat yang mengatakan Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam memiliki putra lain yang bernama Abdul Uzza tapi pendapat ini sangat lemah karena Allah telah mensucikan dan melindungi NabiSallallahu 'alaihi wasallam dari hal demikian (penamaan anak Abdul Uzza yang berarti hamba Uzza nama salah satu berhala Quraisy).

Putri-putri Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam
  1. Zainab, menikah dengan Abu Al-Ash bin Rabi‟ bin Abdul Uzza bin Abdul Syams sepupu Zainab, karena ibunya adalah Hala binti Khuwailid (saudara dari Khadijah binti Khuwailid). Zainab mempunyai anak bernama Ali yang meninggal waktu kecil dan Umamah yang digendong oleh Nabi Sallallahu 'alaihi wasallam waktu shalat dan setelah dewasa menikah dengan Ali bin Abi Thalib setelah Fatimah wafat.
  2. Fatimah, menikah dengan Ali bin Abi Thalib. Dari pernikahan tersebut Fatimah melahirkan Hasan, Husain, Muhassin yang meninggal waktu kecil, Ummu Kultsum yang menikah dengan Umar bin Khattab, dan Zainab yang menikah dengan Abdullah bin Ja‟far bin Abi Thalib.
  3. Ruqayyah, menikah dengan Ustman bin Affan. Meninggal di pangkuan Ustman. Ruqayyah memiliki seorang putra yang bernama Abdullah sehingga Ustman dipanggil dengan kunyah Abu Abdullah.
  4. Ummu Kultsum, Ustman lalu menikahi Ummu Kultsum (adik Ruqayyah) yang juga meninggal di pangkuannya.

Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam memiliki empat orang putri tanpa ada perbedaan pendapat ulama mengenai hal ini sedangkan putra-putranya tiga orang berdasarkan pendapat yang benar.

Urutan putra-putri Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam adalah sebagai berikut:
  1. Al-Qasim
  2. Zainab
  3. Ruqayyah
  4. Fatimah
  5. Ummu Kultsum
  6. Abdullah
  7. Ibrahim
Semuanya adalah putra-putri dari Khadijah kecuali Ibrahim yang lahir dari Maria Al-Qibtiyah, dan semuanya meninggal sebelum Rasulullah meninggal kecuali Fatimah yang meninggal enam bulan setelah kematian Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam.

Source : ibnumajjah

Comments

  1. Alhamdulillah, perkongsian yg sangatttt bagus. saya dah download!

    ReplyDelete

Post a Comment