Skip to main content

[Download E-Book] Asma & Sifat Allah

[Download E-Book]  Nama-nama dan sifat-sifat Allah

Judul Asli : Syarh Asma’il Husna Lis-Sa’di

Penyusun : Syaikh Shalih bin ‘Abdil ‘Aziz as-Sindi hafizhahullahu

Penerjemah : Ustadz Bisri Tujang, Lc.

Editor : Tim Portal Islam

Deskripsi : Risalah ringkas ini berisi tentang kumpulan dan sekelumit penjelasan singkat tentang Nama-Nama dan Sifat-Sifat Alloh yang Indah. Risalah ini merupakan karya dari ulama tafsir ternama, Al-’Allamah ‘Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di dan diberi sedikit keterangan dan penjelasan singkat oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz as-Sindi.

Sebagian besar kaum muslimin, mungkin mengira bahwa Asma’ul Husna itu hanyalah terbatas 99 saja, tidak lebih. Padahal, apabila diteliti lebih dalam menurut dasar al-Qur’an dan Sunnah Nabi yang shahih, sesungguhnya Asma’ul Husna itu tidaklah terbatas hanya 99 nama saja. Namun, beberapa yang dikenal luas memang ada 99. Risalah ini akan mengupas sedikit tentang beberapa Asma’ul Husna dengan sedikit keterangan dan penjelasannya. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat.

Preview :
Rabb (الرب ) 
Nama Ar-Rabb ini sendiri banyak mengalami pengulangan dalam banyak ayat. Ar-Rabb artinya: Yang Maha Pemelihara seluruh makhluk, mengatur segala urusan dan memberikan berbagai karunia. Yang lebih khusus dari itu adalah pemeliharaan manusia-manusia pilihan, dengan cara memperbaiki hati, ruh dan akhlak mereka. Karena itulah, nama yang mulia ini banyak digunakan dalam doa mereka, karena mereka hendak memohon pemeliharaan yang istimewa ini dari-Nya.

Al-Mâlik (المالك ) 
Nama Al-Malik, Al-Mâlik atau Yang Maha Memiliki kerajaan, artinya: Dialah yang memiliki sifat-sifat keagungan, kebesaran, kekuasaan dan pengaturan yang absolut pada penciptaan, pengaturan dan pembalasan. Dia lah Pemilik seluruh alam semesta ini, baik yang tinggi (di langit) maupun yang rendah (di bumi). Semua yang menjadi hamba maupun rajanya, membutuhkan (pertolongan)-Nya.

Source : ibnumajjah

Comments