Chocomous: Pengertian Tata Kelola Teknologi Informasi

Pengertian Tata Kelola Teknologi Informasi

Pengertian Tata Kelola Teknologi Informasi - Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) adalah sebuah kerangka kebijakan, prosedur dan kumpulan proses-proses yang bertujuan untuk mengarahkan dan mengendalikan perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan dengan memberikan tambahan nilai bisnis, melalui penyeimbangan keuntungan dan resiko TI besertaproses-proses yang ada di dalamnya. Mereka bertanggung jawab terhadap arah strategi organisasi, memastikan bahwa tujuan organisasi dapat tercapai dan berbagai sumber daya organisasi telah dimanfaatkan dengan tepat. Tata kelola TI membutuhkan pengaturan yang tepat untuk memadukan strategi TI dan pemanfaatan sumber daya TI guna memberikan keuntungan yang kompetitif bagi organisasi. sederhananya, tata kelola TI menggunakan prinsip-prinsip tata kelola organisasi terhadap unit TI (Muthmainnah, 2015).

Tata kelola TI merupakan salah satu bagian terpenting dari kesuksesan penerapan good corporate governance. IT governance memastikan pengukuran efektifitas dan efisiensi peningkatan proses bisnis perusahaan melalui struktur yang terkait dengan TI menuju ke arah tujuan strategi perusahaan. IT governance memadukan best practice proses perencanaan, pengolahan, penerapan, pelaksanaan dan pengawasan kinerja untuk memastikan bahwa TI benar mendukung pencapaian perusahaan (Nurhidayati, Rizky, & Dafid, 2014).

Adapun menurut Information Technology Governance Institute (ITGI) dalam Irfan (2013) tata kelola TI didefinisikan sebagai tanggung jawab dari pihak eksekutif dan dewan direktur, yang terdiri dari kepemimpinan, struktur organisasi dan proses yang memastikan TI yang ada pada perusahaan untuk mendukung dan memperluas strategi dan tujuan perusahaan.

Referensi : 
Irfan. (2013). Penyelarasan Tujuan Bisnis dan Tujuan Teknologi Informasi untuk Pemilihan Proses Evaluasi dalam Internal Kontrol TI Berdasarkan Cobit.
Muthmainnah. (2015). Model Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) pada Proses Pengelolaan Data di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Techsi, 6(1).
Nurhidayati, Rizky, R., & Dafid. (2014). Mengukur Resource Management Terhadap Sistem Informasi Penjualan Store pada MDP IT Superstore Palembang.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2016. Designed by Ismi Islamia Fathurrahmi