Chocomous: Cara Mengatasi Tampilan Berbayang Pada OS Windows 8

Cara Mengatasi Tampilan Berbayang Pada OS Windows 8

Cara Mengatasi Tampilan Berbayang Pada OS Windows 8 - Assalamu'alaikum, bloggers!
Di pembahasan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mengatasi tampilan windows 8 yang berbayang setelah diinstal. Nah in the same case, saya pernah mengalami kejadian ini di laptop saya, yaitu ACER Aspire V5 431P.
Cara Mengatasi Tampilan Berbayang saat instalasi Windows 8

Awalnya, saat install win 8 tampilan nya normal, sampai restart juga tampilan boot screennya normal, tapi saat masuk ke getting readynya baru deh tampilan yang berbayang itu muncul, seakan akan ada 2 tampilan dengan warna berbeda, yang tulisannya pun berbayang gak jelas. Kaget sih awalnya, gak pernah-pernah kejadian kayak gini saat install win 8 di laptop yang lain. Ah, mungkin di dvd nya yang bermasalah. Jadi saya burn di dvd baru, trus install ulang. But al last, masih saja berbayang. Trus searching dan ternyata gak sedikit yang ngalamin masalah kayak saya, tapi susaah banget nemu solusinya. Tapi, alhamdulillah nemu solusinya walaupun agak ribet dikarenakan kondisi laptop berbayang, dan kayaknya harus nyipit-nyipitin mata nantinya, haha.

Jadi percaya atau tidak, penyebab terjadinya masalah ini dikarenakan VGA laptop yang gak support atau gak update.   

Berikut tahapan mengatasi tampilan berbayang pada win 8:
  1. Saya sarankan kalian dalam keadaan OS yang tampilannya normal. Yang sudah terlanjur install win 8, install ulang terlebih dahulu win 7 atau apapun itu yang penting OS yang kalian gunakan tidak berbayang. Ini untuk memudahkan kalian untuk melakukan tahap berikutnya.
  2. Download Driver VGA sesuai dengan merk dan tipe laptop kalian (download di situs resmi yaa). Untuk pengguna acer, download disini.
  3. Selesai download, extract (jika dalam bentuk zip/rar) dan pindahkan ke drive D. 
  4. Kemudian rename foldernya dengan awalan A/1 (usahain nantinya berada di posisi paling atas saat di list), hal ini untuk mempermudah select folder nantinya.
  5. Buka folder VGA nya, pastikan kalian ingat posisi setup.exe berada dimana, karena setup.exe itulah yang akan kita jalankan saat di win 8.
  6. Remember! Jangan lupa penamaan dan penempatan folder VGA tadi.
  7. Mulailah kembali melakukan instalasi win 8.
  8. Setelah instalasi selesai dan masuk ke getting ready, pilih menu desktop. Nah disinilah butuh extraa ketelitian dan ketajaman mata ._.v.
  9. Buka windows explorer (kiri bawah) local disk (D) (tempat dimana VGA berada) → pilih folder yang paling atas Cari tulisan Setup Klik 2x.
  10. Untuk selanjutnya, klik button yes-next-yes-next saja sampai ke finish.
  11. Tampilan akan langsung berubah setelah VGA berhasil terinstall. Tetapi mungkin akan berbeda dengan merk dan tipe yang lain, yaitu butuh restart terlebih dahulu agar tampilannya teraplikasi.
Demikianlah tutorial mengenai Cara Mengatasi Tampilan Berbayang Pada OS Windows 8. Semoga berhasil ! :)

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2016. Designed by Ismi Islamia Fathurrahmi