Chocomous: Ilustrasi Surah Al-Falaq

Ilustrasi Surah Al-Falaq


Ilustrasi super keren tentang Surah Al Falaq. Buat yang belum pernah nonton, highly recommended :D

Buat yang ngedengerinnya agak kecepetan, boleh kali ya diceritain dikit :)

Pada video keren ini diceritakan, bahwa di surah Al Falaq ini Allah ingin kita berfikir seperti seorang tukang kebun, dimana seorang tukang kebun harus menjaga tanaman-tanamannya agar tetap bertumbuh dengan baik bukan?

Pertama, ada makhuk-makhluk lain yang ingin mengganggu tanaman kita tumbuh dengan baik bahkan ingin memakannya, mereka seperti kambing, wereng, serangga-serang lain, dan sebagainya. Apakah mereka ingin ‘menyerang’ tanaman kita karena mereka jahat? Tidak! Karena fitrah mereka seperti itu..Kambing dan wereng fitrahnya memang makan tanaman. Sebagaimana macan memakan kambing atau rusa, elang memakan ular, dan sebagainya. 

Persis dengan kehidupan kita, ketika kita berusaha meraih sesuatu pasti ada saingannya. Pingin dapet ranking satu, ada saingan siswa yang lain, mau dapetin kuliah sesuai yang diinginkan juga saingan dengan anak-anak SMA yang lain, dapat kerja, nyari proyek, dan sebagainya. Apakah karena mereka  semua jahat? Tentu tidak, karena mereka juga sama berikhtiar pula dengan kita. Termasuk iman kita, ada hal-hal yang mungkin membahayakan iman kita karena seseorang tapi bukan berarti beliau jahat dengan kita.

مِن شَرِّ مَا خَلَقَ
"Dari kejahatan makhluk-Nya..” (QS Al Falaq : 2)
Got the point?

Kedua, seorang tukang kebun juga harus memperhatikan tanamannya selalu mendapatkan cahaya yang baik, tidak menempatkannya dalam kegelapan di tempat yang tertutup atau membiarkan ada sesuatu yang menghalangi cahaya tersebut. Begitu pula dengan iman, ia pun harus dijaga dari kegelapan, dijaga dengan baik untuk terus mendapatkan cahaya iman seperti Qur’an, nasihat-nasihat yang baik, dan seterusnya.
وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ
"dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,” (QS Al Falaq : 3)
Ketiga, seorang tukang kebun juga harus menjaga agar tanamannya tidak kelebihan air, tidak kelebihan pupuk, atau pun kelebihan panas sehingga membuatnya menjadi kering. Asosiasi sesuatu yang ‘berlebih’ ini diibaratkan dengan sihir. Sihir bukan lah sesuatu yang mengubah atau mengintervensi tubuh kita, namun ia hanya rekayasa jin yang men-trigger tubuh kita untuk bersikap berlebihan dari biasanya..Sehingga muncul efek-efek samping seperti pusing, pingsan, berteriak-teriak, dan sejenisnya.

وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ
"dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul,” (QS Al Falaq : 4)

Dan terakhir, seorang tukang kebun pun juga harus waspada dengan pihak-pihak yang memang sengaja untuk mematikan tanamannya. Orang-orang yang iri dengan hasil tanaman kita, orang-orang yang dengki sehingga ingin melenyapkan nikmat tanaman tersebut darinya.
وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

”..dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki”. (QS Al Falaq : 5)
Itulah orang-orang yang hasad. Orang-orang yang memiliki hati iri dan dengki yang tidak ingin melihat orang lain mendapatkan nikmatnya. Hasad ini ada salah satu sifat hati yang paling berbahaya karena sang pemilik sifat ini dapat melakukan sesuatu dengan cara apapun untuk memenuhi keinginannya. Naudzubillah, semoga kita terhindar dari orang-orang yang hasad, pun dijauhkan sifat hasad dari hati kita.

Here they are, gangguan-gangguan eksternal yang dapat membahayakan kita. Dan sekali lagi, hanya Allah lah yang mampu melindungi kita dari segala kejahatan diatas.

Wallahua’lam.

1 comment:

  1. wow.. nice..

    Surah Al-Falaq tell us about how we should take care ourself right? A life that we own.. :D

    Thanks ^__^

    I think that most of my time like a plant grow in a dark sometime.. hurmmm...

    ReplyDelete

Copyright © 2016. Designed by Ismi Islamia Fathurrahmi