Chocomous: Allah Adil Kok

Allah Adil Kok

Seringkali para perempuan pada umumnya seringkali membandingkan dirinya dengan laki-laki dalam urusan beragama. Misalnya:

Kenapa perempuan diciptakan lebih banyak dan kenapa perempuan juga yg jadi mayoritas neraka?

Kenapa perempuan dibedakan sama laki-laki?
Kenapa perempuan haid sehingga gak bisa ibadah, gak bisa sholat, gak bisa puasa ramadhan dengan full seperti laki-laki? Dan lain sebagainya.


Subhanallah..

Jujur dulu saya juga pernah berpikiran sempit seperti itu.
Kenapa ya kayaknya Allah gak adil sama perempuan?

Kenapa aurat perempuan adalah seluruh tubuh tapi laki-laki enggak? Kenapa laki-laki diwajibkan berjamaah dimesjid yang catatan pahala nya jauh lebih banyak sedangkan perempuan dianjurkan lebih baik dirumah aja?

Apa wanita gak boleh mendulang pahala sebanyak-banyaknya? Kenapa perempuan gak boleh jadi pemimpin bagi suatu kaum atau golongan yang terdapat laki-laki didalamnya? Kenapa selalu laki-laki yang dinomersatukan? Kenapa ini… Kenapa itu…?


Padahal kalau kita mau sedikit aja mencari tau tentang kasih sayang Allah, Insya Allah pasti kita bisa menemukan alasan kenapa Allah menciptakan perempuan seperti ini dan mengapa laki-laki sedemikian rupa.
  •     Kenapa perempuan diciptakan lebih banyak dari laki-laki?
    Karena perempuan adalah salah satu dari perhiasan dunia, karena perempuan adalah penyejuk mata dan hati bagi kaum lelaki, dan kita jugalah yang merupakan ujian dan bisa menjadi bahan fitnahan yang dahsyat bagi para lelaki. Makanya Allah menyuruh kita untuk menutup aurat, menjaga pandangan, dan berada dirumah saja jika tak ada keperluan yang mendesak. Karna kita adalah keindahan yang juga merupakan bahan fitnahan bagi dunia.
Dan dijadikan indah pada (pandangan) manusia, kecintaan pada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita, anak-anak, dan harta yang banyak (QS. Al Imran:14)
Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita solehah (HR Muslim)
Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan untukmu wanita-wanita yaitu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya (QS Ar Rum: 21)
Sesungguhnya dunia itu manis dan hijau. Dan sesungguhnya Allah mempercayakan kalian untuk mengurusinya, Allah ingin melihat bagaimana perbuatan kalian. Maka berhati-hatilah kalian dari fitnah dunia dan takutlah kalian akan fitnah kaum wanita. Karena sesungguhnya fitnah pertama di kalangan Bani Isra’il adalah dalam masalah wanita. (HR. Muslim)
  •     Kenapa perempuan dan laki-laki berbeda?
    Islam memandang lelaki dan wanita sama dalam penciptaan dan kemuliaannya, namun berbeda dalam hal fungsi dan penempatannya. Islam memberikan porsi khusus kepada wanita yang tidak diberikan kepada lelaki,begitu pula sebaliknya. karena memang bgitulah sunatullah, namun janganlah kita berpikir dibalik perbedaan itu terdapat bentuk diskriminasi dari Allah. ragu kah kita dengan keadilan Allah? kalau ragu mungkin kita harus sama-sama cek bagaimana keimanan kita pada islam, pada Allah?
Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik. (HR Bukhari)
Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang shalihah ialah yang ta’at kepada Allah lagi memelihara diri (QS. An nisa:34)
  •     Kenapa perempuan mengalami haid sehingga tidak bisa mengerjakan ibadah sholat dan puasa?
    Rasulullah sudah pernah memperingatkan kita mengenai hal ini, bahwa kita perempuan adalah makhluk yang kurang akal dan kurang agamanya.
    Mengapa kurang akal? semua orang juga tau kalau kita perempuan lebih suka memandang segalanya lebih menggunakan hati dan perasaan daripada menggunakan logika, karena memang Allah menciptakan kita sedemikian rupa, Allah menciptakan kelembutan yang besar dalam hati kita dengan kelembutan yang tak diciptakannya untuk laki-laki.
    Mengapa kurang agama? ya seperti yang terpapar diatas salah satu kodrat perempuan adalah mengalami haid, sehingga saat haid perempuan tidak bisa mengerjakan sholat dan ibadah puasa. tapi maha adil Allah yang selalu menginginkan kebaikan untuk hamba-hambaNya ya, siapa bilang kita perempuan gak bisa mendulang pahala semasa haid? kita masih bisa mentadabburi qur’an, membaca buku agama atau sirah nabi, perbanyak dzikir, bersedekah dan hal-hal lainnya yang pasti bisa bernilai amal kebaikan dimata Allah.
    bahkan seharusnya kita perempuan harus bersyukur karena bisa mendapatkan haid, itu tandanya Allah kasih kenikmatanNya buat kita, nikmat memiliki rahim dan alat reproduksi tubuh yang normal, tanda bahwa kita siap dan insya Allah diberi kemampuan sama Allah untuk kelak bisa mengandung dan melahirkan calon-calon mujahid dan mujahiddah didunia ini, fabbiayyi alaa irabbikumma tukadzdziban…! maka nikmat Allah mana yang sanggup kita dustakan?
  •     Kenapa perempuan wajib menutup aurat?
    Sudah jelas jawabannya, karena Allah menciptakan kita perempuan sedimikian indah. coba liat perempuan dari ujung kepala sampai kakinya pasti indah kan? beda kalau kita liat laki-laki pasti yang indah minimal cuma bagian wajahnya doang beda sama perempuan keseluruhannya pasti indah. makanya Allah nyuruh kita menutup aurat supaya keindahan kita gak jadi sebab musabab kita berdosa dan membuat orang lain menjadi berdosa. karena perempuan adalah perhiasan dunia sekaligus menjadi fitnahan bagi kaum laki-laki. karena Allah begitu melindungi dan ingin memuliakan perempuan. sayangnya jaman sekarang sedikit sekali perempuan yang mau memuliakan dirinya sendiri, menjauhkan dirinya menjadi bahan godaan dan fitnahan diluar sana.
Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kehormatannya; janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) tampak padanya. (QS. An nur:31)

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu (QS. Al Ahzab:59)

  •     Kenapa perempuan dianjurkan shalat dan sebisa mungkin berada dirumah saja?
    Kembali lagi seperti pemaparan diatas, karena kita adalah aurat, karena kita adalah sumber fitnah, dan Allah menginginkan kita untuk selamat dan tidak menjadi fitnah bagi dunia melainkan menjadi bagian dari perhiasaan yang diridhaiNya.
Wanita adalah aurat, maka apabila ia keluar rumah maka syaitan akan menyambutnya dan menghiasinya dari ujung kepala sampai ujung kaki (HR Tirmidzi)
Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu melakukan tabarruj sebagaimana tabarrujnya orang-orang jahiliyyah dahulu (QS. Al Ahzab:33)
  •     Kenapa perempuan gak boleh jadi pemimpin?
Karena perempuan tercipta sebagai kaum yang lemah yang gak bisa menyelesaikan segala persoalan, sementara kepemimpinan dalam hal apapun membutuhkan keseimbangan dan diutamakan kemampuan logika yang besar.. daripada hanya mengandalkan perasaan. kepemimpinan biasanya adalah bagaimana cara menyelesaikan suatu perkara dan yang lebih baik meyelesaikannya adalah para laki-laki yang memang diciptakan memiliki satu kelebihan diatas wanita.
Suatu kaum itu tidak akan bahagia apabila mereka menyerahkan kepemimpinan mereka kepada wanita (HR Bukhari)
Dan wanita dipersilahkan menjadi pemimpin di rumah suaminya, dan kelak dia akan dimintai pertanggungjawaban mengenai orang yang diurusnya (HR Bukhari)

Maaasih banyak banget kelebihan yang Allah anugerahkan untuk perempuan, cuma memang kita suka gak sadar sama hal itu, maklum ya.. saya dan kita semua memang cuma satu dari sekian banyak tempatnya salah dan khilaf.

Laki-laki kalo mau berjihad harus ikutan perang melawan kaum kafir dan atau mati syahid dulu. Lihat perempuan yang jalan jihadnya jauh lebih banyak. Jihad perempuan ada didalam rumahnya jika ia sudah menjadi seorang isteri terlebih lagi jika menjadi seorang ibu, Rasulullah juga bersabda bahwa jika perempuan pergi haji maka ia telah berjihad, perempuan yang menahan rasa sakit saat melahirkan pun terhitung jihad fi sabilillah.. Allah baik banget sama perempuan! Allah memberikan kelebihan sekaligus kekurangan yang istimewa buat kita.
Allah mewajibkan kita ini itu.. dan melarang kita ini itu juga karena demi kebaikan kita, kaum perempuan sendiri.
Allah berusaha menjauhkan perempuan dari menjadi sumber fitnah.
Allah berusaha menuntun kita untuk menjadi perempuan yang dirindukan oleh surgaNya, hanya saja kadang mungkin kitanya sendiri yang kurang mau mencari tahu dan berusaha memahami maksud dan cara Allah menyampaikan rasa kasih sayangNya pada kita.

Wallahu a'lam.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2016. Designed by Ismi Islamia Fathurrahmi