Skip to main content

Tutorial Mengganti Template Dengan Blogskin


Tutorial Mengganti Template Dengan Blogskin - Today I would like to give ya tutorial about how to change your template default  blogskin.  Apa itu blogskin? Blogskin adalah sebuah website yang menyediakan berbagai macam template atau tema untuk blogger, wordpress, dan situs situs blog lainnya. Bedanya, template yang disediakan lebih cenderung bertampilan seperti tumblr.
Oke, kita mulai cara mengganti template default blogger dengan blogskin.
  • Buka blogskin Kemudian pilih template yang kalian inginkan.
  • Scroll down sampe ketemu tab Actions. But wait! sebelum download blogskinnya ada baiknya preview it dulu, biar gak nyesel dengan tampilan template yang udah di pilih :) Untuk download, klik Blogger Main.
  • Kalo downloadannya udah selesai, buka file template tadi dengan notepad. Kemudian Select All (Ctrl + A)  → Copy (Ctrl + C).
  • Buka blog kalian, kemudian pilih Template.

  • Back Up dulu template lama kalian supaya bisa digunakan kembali. Caranya, pilih tab Backup/Restore (di pojok kanan atas) → Download full template  → upload → Close.
  • Sroll ke bawah sampe kalian ketemu Revert to classic templates. Kemudian klik Revert to classic template.
  • Hapus semua coding yang ada di dalam kotak Edit Template HTML. Caranya,  Select All (Ctrl + A) → Delete. Kemudian Paste coding blogskin yang udah kalian copy tadi. Waitt! jangan langsung di save ya, klik preview dulu untuk mastiin kode itu berhasil atau gak. Kalo berhasil, pilih save template.
Setelah meng-apply template blogskin, kalian pasti bertanya tanya, 'Dimana kita bisa mengeditnya? Kenapa comment box saya hilang? Kenapa archieve saya hilang?'
    Biasanya jika menggunakan rancangan template biasanya, tinggal mengedit di Template Designer di page Layout. Blogskin memang sedikit lebih susah dibanding menggunakan template biasa, dan kebanyakan theme blogskin cenderung mengarah ke tumblr jadi comment box tidak di tampilkan. Jadi kita harus menambahkan sendiri secara manual dengan cara mengedit codingnya.
        Sama seperti sebelumnya, Klik dropdown menu disebelah 'View blog' tapi kali ini pilih Settings → Publishing and Comments →'Show'.
          Atau, bisa copy paste coding dibawah ini ke dalam kotak Edit Template HTML.
            <BlogItemCommentsEnabled>
              <a href="<$BlogItemCommentCreate$>"
                <$BlogItemCommentFormOnClick$>>
                  <$BlogItemCommentCount$> comments</a>
                    </BlogItemCommentsEnabled>
                      Klik preview, jika berhasil klik Save.


                      Good Luck ya!

                      Comments

                      1. kan kalo kita udah pake blogskin giman cara ngedit judul, ganti foto owner, ganti macam2nya terus nambahin temen blog, nambahin yg lain2 itu ngeditnya dimana ya mbak? makasih

                        ReplyDelete

                      Post a Comment