Chocomous: 2016

Adorable As Always

0 | cookies
Ketika adzan maghrib berkumandang di masjid, sementara aku masih belum juga di rumah, maka ibuku kan sibuk menghubungiku. Panik, memencet-mencet ponsel ayahku. Beliau takkan berhenti hingga aku menjawab panggilannya itu.

Dulu aku berpikir itu sangat berlebihan. Di usiaku ketika itu, rata-rata teman-temanku memiliki batas jam malam hingga pukul sembilan. Namun ibuku, menginginkanku untuk sampai dirumah bahkkan sebelum adzan maghrib terdengar. “oh tolonglah bu, aku sudah dewasa, sebentar lagi aku akan menjadi mahasiswi.”

Setiap kali aku sedang bersama temanku dan tiba-tiba tersadar waktu telah senja, maka aku akan panik, Khawatir ponselku akan berdering-dering memekakkan telinga, bergetar-getar hingga jantungku berdegup tak karuan. 

[Download Audio] Kajian Ust. Subhan Bawazier - Verboden

0 | cookies
[Download Audio] Kajian Ust. Subhan Bawazier - Verboden
Link download audio kajian Ust. Subhan Bawazier dengan tema Verboden yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2016.

Judul DurasiDownload
Verboden 1 Jam 11 Menit MP3 [16.6 MB]



Source: kajianilmiah

[Download Audio] Kajian Ust. Subhan Bawazier - Golden Moment

0 | cookies
posting tentang [Download Audio] Kajian Ust. Subhan Bawazier - Golden Moment
Link download audio kajian Ust. Subhan Bawazier dengan tema Golden Moment yang dilaksanakan pada tanggal 7 September 2016.

Judul DurasiDownload
Golden Moment 1 Jam 34 Menit MP3 [21.7 MB]



Source: kajianilmiah

[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Bagaikan Tetes Embun di Pagi Hari

0 | cookies
[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Bagaikan Tetes Embun di Pagi Hari
Link download audio kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA dengan tema Bagaikan Tetes Embun di Pagi Hari yang dilaksanakan pada tanggal 23 Dzulhijjah 1437 H / 25 September 2016.

JudulDurasiDownload
Bagaikan Tetes Embun di Pagi HarI 1 Jam 56 Menit MP3 [26.6 MB]



Source: kajianilmiah

My New Kitten

0 | cookies
Alhamdulillah, tadi malam kucing saya yang ketiga, Meyo udah resmi menjadi seorang ibu dari 3 anak. Kayaknya si Mey lahiran sekitar jam 12.30-2 malam. Soalnya kata ibu, jam 12 itu dia nyodor-nyodor pintunya ibu, kode minta dibukain. Eh pas dianya masuk kamar trus masuk ke bawah tempat tidur, dianya ngeong minta dibukain pintu buat keluar. Sebenarnya hal ini sering terjadi akhir-akhir ini, awalnya ngira dia bakal ngelahirin, tapi karena udah sering di php-in, jadi tanggapan semalam biasa aja. Awalnya jg sekitar jam 11an si Mey ngeong mulu didepan pintu kamar saya, dan lagi, tanggapan saya 'Mungkin dia laper, ntar pagi ajalah'. Saya udah ngantuk banget semalem jadi males bukain pintu. And after all..I was shock after heard my bro said that Meyo already gave birth. 

Sekitar jam 3 pagi tadi, saya dibangunin si bungsu, katanya Mey udah lahiran. Kaget lah saya, karena qadarullah Mey lahiran tanpa ditemenin satu orang pun, terlebih lagi ini lahiran pertamanya si Mey. Trus saya nanya sama Zaky, 'Dimana??', 'di dalem mesin cuci'. Langsung dah saya nyosor kesana, dan ngeliat si Mey lagi nyusuin ketiga anaknya. Mashaa Allah, mungil-mungilnyaa :3
Trus saya periksa satu persatu anggota tubuhnya lengkap atau nggak, dan alhamdulillah sempurna :) Saya udah kayak jadi bidan yang telat periksa (#abaikan). Dan yang bikin saya amazed, Mey lahirannya lumayan bersih, darahnya cuma sedikit dan daging2 yang ikut keluar udah bersih dimakan si Mey. Saya beneran gak nyangka si Mey bisa lahiran tanpa bantuan manusia, padahal jauh-jauh hari saya udah googling dan nyiapin mental buat bantuin Mey kelak, khawatir aja kalo Mey bakalan susah lahiran karena dia hamil muda (1,3 thn) dan juga badannya kecil trus perutnya gede. Tapi, emang udah Qadarullah yang nyawa setiap makhluk di genggaman-Nya, baby cats lahir dengan selamat.

[Download E-Book] Asma & Sifat Allah

0 | cookies
[Download E-Book]  Nama-nama dan sifat-sifat Allah

Judul Asli : Syarh Asma’il Husna Lis-Sa’di

Penyusun : Syaikh Shalih bin ‘Abdil ‘Aziz as-Sindi hafizhahullahu

Penerjemah : Ustadz Bisri Tujang, Lc.

Editor : Tim Portal Islam

Deskripsi : Risalah ringkas ini berisi tentang kumpulan dan sekelumit penjelasan singkat tentang Nama-Nama dan Sifat-Sifat Alloh yang Indah. Risalah ini merupakan karya dari ulama tafsir ternama, Al-’Allamah ‘Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di dan diberi sedikit keterangan dan penjelasan singkat oleh Syaikh ‘Abdul ‘Aziz as-Sindi.

Sebagian besar kaum muslimin, mungkin mengira bahwa Asma’ul Husna itu hanyalah terbatas 99 saja, tidak lebih. Padahal, apabila diteliti lebih dalam menurut dasar al-Qur’an dan Sunnah Nabi yang shahih, sesungguhnya Asma’ul Husna itu tidaklah terbatas hanya 99 nama saja. Namun, beberapa yang dikenal luas memang ada 99. Risalah ini akan mengupas sedikit tentang beberapa Asma’ul Husna dengan sedikit keterangan dan penjelasannya. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat.

[Download E-Book] Putra Putri Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam

1 | cookies

[Download E-Book] Putra Putri Rasulullah Sallallahu 'Alaihi Wasallam

Putra-putra Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam
Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam memilik tiga orang putra, yaitu:
  1. Al-Qasim, dilahirkan di Makkah sebelum Muhammad diangkat menjadi Nabi. Al-Qasim meninggal di Mekah pada usia dua tahun. Namun menurut Qatadah, Al-Qasim meninggal ketika ia sudah bisa berjalan.
  2. Abdullah, dinamakan juga dengan at-Thayyib (yang baik) dan at-Thahir (yang suci) karena ia dilahirkan sesudah Islam. Ada pendapat yang mengatakan bahwa at-Thayyib dan at-Thahir ini adalah putra Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam yang lain, namun pendapat pertama adalah yang benar.
  3. Ibrahim, dilahirkan dan wafat di Madinah tahun sepuluh hijriah pada usia tujuh belas atau delapan belas bulan.

Ada pendapat yang mengatakan Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam memiliki putra lain yang bernama Abdul Uzza tapi pendapat ini sangat lemah karena Allah telah mensucikan dan melindungi NabiSallallahu 'alaihi wasallam dari hal demikian (penamaan anak Abdul Uzza yang berarti hamba Uzza nama salah satu berhala Quraisy).

Fanatik

1 | cookies
Kamu terlalu fanatik deh, mi. 

Gak usah ekstrem gitu lah, yang biasa-biasa aja. (btw, yang biasa itu kayak gimana ya-.- ? )

Sekiranya kalimat-kalimat semacam itulah yang sering saya dengar di awal hijrah dulu. Ketika gak mau bersalaman dengan non mahram, dibilang fanatik. Gak mau ikut reunian (+ non mahram), dibilang fanatik. And many moreee. 

Tanggapan saya sih simple, Saya gak fanatik lah, dalam agama kita memang udah dijelaskan dengan sangat detail kok. Dan lagi, kenapa fanatik sih? 

Berikut adalah firman Allah dan beberapa hadist Rasullah Sallallahu 'alaihi wasallam:
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَزِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ
Artinya: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka.” (QS. Al-Nuur: 30-31)
قَالَ سَعْدُ بْنُ عُبَادَةَ: لَوْ رَأَيْتُ رَجُلًا مَعَ امْرَأَتِي لَضَرَبْتُهُ بِالسَّيْفِ غَيْرَ مُصْفَحٍ. فَبَلَغَ ذَلِكَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: أَتَعْجَبُونَ مِنْ غَيْرَةِ سَعْدٍ؟ لَأَنَا أَغْيَرُ مِنْهُ، وَاللَّهُ أَغْيَرُ مِنِّي
Sa’d Hadits Al Mughirah bin Syu’bah Radhiallahu ‘anhu, disebutkan: "Sa’d bin ‘Ubadah berkata: “Kalau seandainya aku melihat seorang lelaki (yang bukan mahram) ada bersama istriku, niscaya dia akan aku pukul dengan pedang tanpa ampun!” Lalu sampailah perkataan itu kepada Nabi Sallallahu 'alaihi wasallam dan beliau berkata: “Apakah kalian heran dengan cemburunya Sa’d? Sungguh aku lebih pencemburu darinya, dan Allah lebih pencemburu dariku.[HR Al Bukhari (6846) dan Muslim (1499)] 

[Download Audio] Kajian Ust. Subhan Bawazier - Janji Janji Indah Allah

0 | cookies
[Download Audio] Kajian Ust. Subhan Bawazier - Janji Janji Indah Allah
Link download audio kajian Ust. Subhan Bawazier dengan tema Janji Janji Indah Allah yang dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2015.

Judul DurasiDownload
Janji Janji Indah Allah [Materi] 1 Jam 4 Menit MP3 [11.2 MB]
Janji Janji Indah Allah  [Tanya Jawab]21 Menit MP3 [3.6 MB]



Source: pakdenono

[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Aku Ada Untuk Apa & Tak Seperti Yang Kubayangkan

0 | cookies
[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Aku Ada Untuk Apa dan Tak Seperti Yang Kubayangkan
Link download audio kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA dengan tema Aku Ada Untuk Apa dan Tak Seperti Yang Kubayangkan yang dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juli 2016.

JudulDurasiDownload
Aku Ada Untuk Apa 1 Jam 29 Menit MP3 [26.3 MB]
Tak Seperti Yang Kubayangkan 1 Jam 3 Menit MP3 [18.3 MB]



Source: kajianilmiah

[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Akupun Dahulu Seperti Itu

0 | cookies
[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Akupun Dahulu Seperti Itu
Link download audio kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA dengan tema Akupun Dahulu Seperti Itu yang dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2016.

JudulDurasiDownload
Akupun Dahulu Seperti Itu 1 Jam 51 Menit MP3 [25.5 MB]



Source: kajianilmiah

Adab Berpakaian dalam Islam

0 | cookies
Agama Islam adalah agama sempurna. Segala hal telah diatur sedemikian rupa. Dari hal besar sampai hal kecil. Dari hal penting sampai hal sepele. Dari bersujud kepada Allah, sampai dengan cara beristinja' sesuai kaidah islam. Coba pelajari, agama mana yang mau masuk kamar mandi saja ada aturannya. Agama mana yang sekadar urusan bersin saja, ada aturannya. Coba cari di agama lain. Adakah aturan-aturan mendetail seperti ini? Karena sejauh yang saya tahu, tidak ada. 

Makanya pernah ada ungkapan seorang non muslim, "Jangan mencampurkan agama dengan politik", simply karena dalam agama dia, banyak hal tidak ada landasan hukumnya. Aturannya sederhana, berbuat baik, ibadah, selesai. Tidak dirincikan berbuat baik itu seperti apa, tidak dirincikan ibadah itu seperti apa.

Agama Islam memang agama yang sempurna. Segala hal diatur. Menjadi orang tua, menjadi anak, menjadi suami/istri, bertetangga, bersaudara, berkeluarga, berdagang, bepergian, berbisinis, berpolitik, dsb. Itulah kenapa disebut sempurna, karena memang lengkap aturan dan kaidahnya di setiap lini kehidupan manusia.

[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Bertemu Kembali dengan Ramadhan

0 | cookies
[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Bertemu Kembali dengan Ramadhan
Link download audio kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA dengan tema Bertemu Kembali dengan Ramadhan yang dilaksanakan pada tanggal 13 Sya'ban 1437 H / 20 Mei 2016.

JudulDurasiDownload
Bertemu Kembali dengan Ramadhan 1 Jam 49 Menit MP3 [25.1 MB]



Source: kajianilmiah

[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Sikap Bijak Ketika Beda Pendapat

1 | cookies
posting tentang [Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Sikap Bijak Ketika Beda Pendapat
Link download audio kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA dengan tema Sikap Bijak Ketika Beda Pendapat yang dilaksanakan pada tanggal 25 Jumadil Akhir 1437 H / 3 April 2016.

JudulDurasiDownload
Sikap Bijak Ketika Beda Pendapat 2 Jam 9 Menit MP3 [29.8 MB]



Source: kajianilmiah

Menjadi Dewasa

0 | cookies
Beberapa orang tanpa sadar kehilangan damai sejahtera. 
Sedih. Ketika kita tahu bahwa kita sedang dipelihara, namun masih saja ‘mau’ dikendalikan oleh perasaan. Bukan berarti antipati atau mati rasa sehingga tidak peka dengan apa yang terjadi di luar.

Mudah bagi kita untuk tersenyum, tertawa, berbagi, bahagia ketika kita dalam keadaan mood yang baik. Bagaimana bila orang-orang disekitar membuat keributan, menyakiti, bahkan tidak memahami sikon dalam hati kita? Berbuat baik pada orang yang berlaku baik itu wajar banget, manusiawi tapi yang spesial yakni saat ada yang masih mengecewakan tapi kita memilih untuk melepaskan pengampunan. Akan ada orang yang bergunjing dan menilai kita bodoh atau bahkan sok suci. Itu tidak menjadi masalah saat kita sendiri, pribadi kita yang mau hidup bebas dari kebencian, kemarahan, dan kekecewaan.

Kuantitas dan Kualitas

0 | cookies
Andaikan sebuah kemenangan ditentukan oleh kuantitas, maka sudah seharusnya pada saat perang Badar dahulu umat Muslim terkalahkan.

Andaikan sebuah kemenangan ditentukan oleh kuantitas, maka sudah seharusnya umat Muslim bisa dalam sekejap itu menang melawan pasukan Byzantium menaklukkan konstantinopel.

Andaikan kuantitas adalah jaminannya.

Namun sayang.. bagi Allah kuantitas bukanlah penentu suatu kualitas. Ketika umat muslim di dunia berjumlah sangat banyak, namun pada kenyataannya dunia semakin bermuram durja. Dunia semakin jauh dari kata keadilan. Dunia semakin terpuruk, merana tahta dan kualitas. Dunia semakin tercekik oleh keserakahan. Dunia hilang arah, kemana seharusnya dia menuju.

Kuantitas tak selamanya menjadi penentu baiknya kualitas.

Kini hadirlah kita pada suatu zaman dimana umat Islam seperti buih di lautan. Mengambang, terombang-ambing begitu saja tanpa tujuan. Mau kemana, ya mengikuti ombak. Sayang, dia tidak punya pendirian. Desiran yang dahsyat kemudian menghilangkannya.

[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Move On dan Kuraih Cinta-Nya

0 | cookies
[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Move On dan Kuraih Cinta-Nya
Link download audio kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA dengan tema Move On dan Kuraih Cinta-Nya yang dilaksanakan pada tanggal 15 Rajab 1437 H / 23 April 2016.

JudulDurasiDownload
Move On dan Kuraih Cinta-Nya 2 Jam 21 Menit MP3 [32.3 MB]



Source: kajianilmiah

[Download Audio] Kajian Ust. Nuzul Dzikri Lc - Hukum dan Adab di Media Sosial

0 | cookies
[Download Audio] Kajian Ust. Nuzul Dzikri Lc - Hukum dan Adab di Media Sosial
Link download audio kajian Ust. Nuzul Dzikri Lc dengan tema Hukum dan Adab di Media Sosial yang dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2015.

JudulDurasiDownload
Hukum dan Adab di Media Sosial 2 Jam 18 Menit MP3 [31.8 MB]



Source: kajianilmiah

Pengertian Service Oriented Architecture (SOA)

0 | cookies
Pengertian Service Oriented Architecture (SOA) - Service Oriented Architecture (SOA) adalah sebuah bentuk teknologi arsitektur yang mengikuti prinsip-prinsip service-orientation (berorientasi layanan). Konsep service-orientation ini melakukan pendekatan dengan membagi masalah besar menjadi sekumpulan service kecil yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan tertentu. SOA tidak terkait dengan suatu teknologi tertentu, tapi lebih ke arah pendekatan untuk pembangunan perangkat lunak yang moduler. Service dalam lingkup SOA merupakan sekumpulan fungsi, prosedur, atau proses yang akan memberi respon jika diminta oleh sebuah client (Kapojos, Wowor, & Rumagit, 2012). 
        SOA merupakan metodologi pengembangan sistem yang dapat bergerak dinamis saat pengembangan sebuah sistem informasi. Banyak hal yang bisa dikurangi dalam mengoperasikan sebuah proses pada SOA, sehingga lebih mudah dan cepat untuk melakukan suatu pekerjaan. Sesuatu yang tidak perlu dilakukan berulang-ulang kali misalnya, seseorang mengecek, menyimpan, atau mendapatkan medical record padahal hanya berinteraksi dengan validasi dan data yang sama. Membangun aplikasi dengan sumber yang sama akan lebih mudah dan lebih cepat untuk perusahaan yang saling berhubungan. SOA menyediakan suatu kerangka desain dengan maksud untuk realisasi yang cepat dengan sedikit biaya pengembangan sistem untuk meningkatkan kualitas sistem secara total (Wijaya, 2011). 

Pengertian Tata Kelola Teknologi Informasi

0 | cookies
Pengertian Tata Kelola Teknologi Informasi - Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) adalah sebuah kerangka kebijakan, prosedur dan kumpulan proses-proses yang bertujuan untuk mengarahkan dan mengendalikan perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan dengan memberikan tambahan nilai bisnis, melalui penyeimbangan keuntungan dan resiko TI besertaproses-proses yang ada di dalamnya. Mereka bertanggung jawab terhadap arah strategi organisasi, memastikan bahwa tujuan organisasi dapat tercapai dan berbagai sumber daya organisasi telah dimanfaatkan dengan tepat. Tata kelola TI membutuhkan pengaturan yang tepat untuk memadukan strategi TI dan pemanfaatan sumber daya TI guna memberikan keuntungan yang kompetitif bagi organisasi. sederhananya, tata kelola TI menggunakan prinsip-prinsip tata kelola organisasi terhadap unit TI (Muthmainnah, 2015).

Tata kelola TI merupakan salah satu bagian terpenting dari kesuksesan penerapan good corporate governance. IT governance memastikan pengukuran efektifitas dan efisiensi peningkatan proses bisnis perusahaan melalui struktur yang terkait dengan TI menuju ke arah tujuan strategi perusahaan. IT governance memadukan best practice proses perencanaan, pengolahan, penerapan, pelaksanaan dan pengawasan kinerja untuk memastikan bahwa TI benar mendukung pencapaian perusahaan (Nurhidayati, Rizky, & Dafid, 2014).

Recommended: 3 Ustadz Luar Negeri

0 | cookies
Akhir – akhir ini lagi kerajinan banget nonton video ceramah ustadz – ustadz luar negeri. Kalau lagi banyak waktu, nonton yang versi panjangnya, tapi kalau lagi iseng aja nonton yang potongan – potongan sekitar 3 – 5 menit. Nonton ceramah beliau – beliau rasanya takjub banget, ternyata emang ajaran islam itu universal. Dan pada dasarnya, bisa diaplikasikan dimanapun kita berada. 

Dari video – video yang udah ditonton, ada 3 ustadz favorit yang menurut saya recommended banget buat mempelajari islam lebih baik lagi :) 

1. Dr. Zakir Naik 
Beliau adalah tokoh yang sangat luar biasa jago dalam hal perbandingan agama. Ilmunya sangat luas dan hafalan beliau luar biasa. Beliau hafal kitab – kitab dari banyak agama, mulai dari Islam, Nasrani, Yahudi, Hindu, Budha, kalau ngeluarin dalil super lancar, hafal setiap bagian dari kitab tersebut, baik ayat, nomor surat, maupun isinya. Beliau tadinya seorang dokter, tapi kemudian mempelajari kitab – kitab agama lain dan menjadi muridnya Ahmad Deedat. Tapi kemampuannya bahkan jauh melampaui gurunya. Setiap sesi tanya jawab, beliau selalu bisa menjawab pertanyaan yang sulit dengan santun dan memuaskan. Bagi kalian, orang islam yang lagi krisis keimanan dan gak ngerasa bangga jadi orang muslim, coba nonton deh video beliau, dijamin suprised & be proud to be a muslim! 

2. Nouman Ali Khan 
Beliau adalah guru Bahasa Arab yang tinggal di Texas, founder dari Bayyinah Institute dan Bayyinah Tv. Video ceramah beliau banyak bertebaran di youtube. Gaya ceramahnya asik, nggak ngebosenin, penuh semangat, persuasif, dan kadang diselingi dengan candaan segar. Tema ceramah yang beliau bawakan biasanya seputar tafsir surat Al – Qur’an, didefinisikan dengan contoh yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari – hari. Jadi tafsirnya ngena banget. 

[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Ketika Jahannam Didatangkan

0 | cookies
[Download Audio] Kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA - Ketika Jahannam Didatangkan
Link download audio kajian Ust. Dr. Syafiq Reza Basalamah MA dengan tema Ketika Jahannam Didatangkan yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2015.

JudulDurasiDownload
Ketika Jahannam Didatangkan 1 Jam 29 Menit MP3 [20.4 MB]



Source: kajianilmiah

Ular atau Kue

0 | cookies
Jika di hadapanmu ada dua hal: ular berbisa dan kue favorit, mana yang akan kau perhatikan? — Aa’ Gym

Ular atau kue? Secara naluri, kita lebih suka memperhatikan hal-hal yang kita sukai dan mengabaikan hal-hal yang tidak kita sukai. Seharusnya KUE, kan? Tapi sayangnya, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah..ULAR.

Kue adalah kiasan untuk berbagai macam perkataan makhluk yang lazim kita dengar sebagai pujian. Ohya, jujur saja, memangnya siapa di dunia ini yang tidak suka dengan pujian?

Sedangkan ular adalah kiasan untuk berbagai macam kata-kata yang kita persepsikan sebagai kritikan, yang yah… akui sajalah kalau itu lebih sering membuat kita kurang nyaman.

Kritikan memang pahit, bahkan menyakitkan. Tapi bagaimana kalau itu adalah cara Allah agar kita memperbaiki diri? Bukankah itu jauh lebih baik daripada kita yang bangga berselimutkan pujian manusia, padahal mereka tidak tahu sebusuk apa kita. Bagaimana jika pujian membuat kita berhenti untuk memperbaiki diri, tidakkah itu lebih mengerikan?

To the 'Future'

0 | cookies
One day, when you finally show up in front of me, I’ll tell you to do this one thing. I will ask you to open my blog. I will ask you to read it from the very first post to the very end. I’ll give you some time though, don’t worry. I wont make you have to take one day out just to read my blog, never. I will not meet you during that time. I’ll let you meet my past self instead. Not every one who have known me know about it, so assume yourself a lucky one, hehe. 

I hope you have a strong heart. Cause you’ll see the process that I have to take to be the now me. And only if you can bear with it, only if you can be sure that you can accept that past me, only then we can take another step forward. If not, then we have to bid our farewell. I can’t let you take any risk to be that overly optimistic man who will think that we will be okay if you cant accept that girl, kind of person I was. That once a crazy fangirl, that sometimes overly poetic girl, that easily attached to feeling of others even a character of drama girl, that complicated girl, they are part of me. People change but still, part of them is still there, inside of me. I cant let both of us being hurt in the future. I don’t want to hide anything, and you have to know that being all out like this is very, very hard for me. 

Sidang Skripsi

0 | cookies
Saat dimana hati berkecamuk, jantung berdenyut tak menentu, pikiran melalang buana di atas kepala, dan doa menjadi ikhtiar terakhir yang di punya.
Alhamdulillah, Sidang skripsi kala itu berbuah manis ujungnya, getar-getir yang selama ini dikhawatirkan luluh lantak bak gunung merapi yang akhirnya meletus hingga memuntahkan larvanya.
-----------------------------------------------------------------------------------------
Malam Sabtu, 11 Maret 2016.
Semua alat perang untuk sidang dipersiapkan.
Kaki mulai dingin deg-degan gak karuan. 
Tidur lebih awal tapi hampir setiap jam terbangunkan. 

Jam 2 terbangun, lanjut belajar isi skripsi dengan mata setengah terbuka. Bolak-balik lembaran skrip, ngoceh-ngoceh kayak orang bener, belajar ulang statistik, semuaaa dilahap sampe subuh, terus mandi dan prepare. Sarapan hanya segigit risol daging, bekal hanya susu coklat dan gak lupa ngunyah permen chewy. 

Jam 6:10 berangkat menuju kampus dengan wejangan-wejangan dari ibu & ayah, “gak usah terburu-buru, gak baik. Dibawa santai aja, gak usah gugup. Do'a jangan lupa”. 45 menit kemudian sampe kampus, langsung searching ruang sidang, dapatlah di ruang B205. Denger bisik-bisik tetangga tentang dosen penguji, dan ternyata benar, ketiga dosen penguji saya yang saya kenal & pernah ngajar saya (Syukur yang pertama).

Menjaga Diri

1 | cookies
Are you single? Are you sure?

Biasanya ikhwan ataupun akhwat itu single alias jomblo. Tapi apakah benar mereka single 100%? Begini. Tujuan saya membuat tulisan ini adalah sebagai bentuk kritik membangun bagi para ikhwan maupun akhwat. Saya rasa semua sepakat jika menjaga diri, menjaga kehormatan diri itu perlu dan harus. Saya rasa semua sepakat jika pacaran itu memang dilarang dalam agama, dan pasti para aktivis dakwah tau hal ini dengan sangat baik. 

Memang, jarang saya temui ikhwan/akhwat yang diam-diam pacaran. Yaa karena mereka benar-benar single. 

Oke ganti topik. Sekarang media sosial sudah bukan menjadi hal yang wow. Iya kan? Whatsapp, BBM, Viber, Instagram, Facebook, Twitter, Line, G+ dan masiiih banyak lagi. Disinilah titik yang ingin saya kritisi. 

Oke, memang yang namanya ikhwan akhwat jarang banget interaksi empat mata. Rapat aja mesti pake hijab. Jadi nggak bisa saling tatap muka. Oke, itu memang udah cukup baik. Dan memang sudah seharusnya begitu.

Tapi bagaimana jika di media sosial? Apakah hijab atau batasan masih ada? Masih dijaga? Terlebih komunikasinya pake private message. Pembicaraan hanya dua arah. Hanya kau dan aku. Kalo saya, grup whatsapp boleh hidup hanya sampai jam 9 malam. Tapi apakah itu juga diberlakukan bagi para aktivis dakwah? Pembicaraan dua arah atau private message biasanya dilakukan bisa sampai lebih dari jam 9 malam. Inilah salah satu titik yang sebaiknya diperbaiki. 
Copyright © 2016. Designed by Ismi Islamia Fathurrahmi