Chocomous: Kerja Praktek

Kerja Praktek

Kerja Praktek! Akhirnya tamu yang satu ini datang juga di semester 6. This is not the first time for me tbh. Sebelumnya saya udah pernah KP saat duduk di bangku smk. Bedanya, kalau dulu tempat KP-nya dipilihin dan segalanya diurusin guru, kalau sekarang mah..malah kita semua yang ngurus atuh -.-

Kerja Praktek adalah hal yang paling saya tunggu saat smk. Kenapa? Karena KP itu full praktek selama 1 semester without theory, yay!.
Tiga bulan KP di sekolah, kerjaannya jahit pakaian produksi, semisal: seragam sekolah, jubah wisuda, bolero, dsb. Yang bikin excited ngerjain jahitan..karena ada imbalannya sih, haha. Semakin banyak jumlah dan semakin rumit jahitannya, semakin banyak juga imbalannya. Bisa dibilang kami udah bisa menghasilkan uang sendiri saat itu. It was the first time for us. How glad we are when we were paid because of our hard work :') Really miss those moments :(

Setelah KP tiga bulan disekolah, kami lanjut KP diluar sekolah. Dulu saya dan Riana (teman kp) KP di Butik Aming Tailor, butik khusus pria yang terkenal dengan jas-nya.

Saat kami diajak keatas untuk liat proses pembuatan jas, saya sempat kaget saat liat seluruh pekerjanya adalah laki-laki. Mau gak mau kami harus bisa bersosialisasi dengan mereka, walaupun kami sedikit canggung gara-gara gak biasa berada diantara 'laki-laki' karena hampir 2 tahun buta dengan yang namanya 'laki-laki' #abaikan

Minggu pertama, kami diajari cara membuat pola diatas bahan. Iya, langsung diatas bahan. Kami yang biasanya membuat pola diatas koran, sangat kaku dan ragu untuk buat pola langsung diatas bahan. Yah enak kalo bahannya bahan murah sejenis spandex, lah ini.. bahan mahal! Mana si kakak bilang, "gak boleh asal-asalan saat motong bahannya. Kurang/lebih 1cm aja udah jadi masalah besar, dek.". Argghh dianya malah nakut-nakutin -_____-

Di minggu-minggu selanjutnya, kami mulai diajari cara menjahit jas. Sebelumnya kami pernah membuat jas disekolah, jadi setidaknya kami gak awam banget saat kakak-kakak disana ngajarin jahit jas.

Selama disana, saya dan Riana udah akrab dan terbiasa sama mereka. Saya pun tau alasan koko kenapa lebih milih pekerja pria daripada wanita. Kalo pria bisa menjahit 6-9 jas dalam sehari. Sedangkan wanita hanya mampu menjahit maksimal 6 jas.

Ada hal wajib bagi mereka kalo lagi jahit, yaitu kopi dan musik. Entahlah, ada saja tingkah-tingkah mereka yang bikin ketawa. Misalnya saja saat mereka lagi galau-galauan tiba-tiba dangdutan, hahaha.

KP disana gak ngebosenin sama sekali karena dapat ilmu, pengalaman, inspirasi dan teman yang banyak.

Enam bulan KP aja kamu sanggup mi, apalagi KP yang hanya satu bulan? :)
Semangaaaat, don't give up! 
Its gonna be hard, but remember.. after every hardship comes ease! :D

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2016. Designed by Ismi Islamia Fathurrahmi