Chocomous: Catatan untuk Muslimah

Catatan untuk Muslimah

Apa yang dipikirkan bila perempuan membaca tulisan ini?
Berontak? Malu? Marah?
yang ngasih wajah cantik itu siapa?
Saya sering mendapat foto bergambar semacam itu. Awalnya saya masih membela diri dengan masih memajang wajah yang jelas. Kemudian memajang foto dengan teman-teman agar tidak ada yang tau saya yang mana. Tapi semakin lama semakin merasa bahwa perempuan itu rawan. Ya, rawan!

Taukah kalian, dengan memajang wajah itu bisa saja membuat para lelaki menjadi terpesona. Memang tidak ada niat menggoda, tapi hati dan pikiran yang melihat siapa tahu? Apa ingin dipuji ? Apa ingin terlihat cantik? Apa ingin disanjung dengan hijabmu yang sudah sempurna?

Mari kita sama-sama menjaga pandangan tak layak dari lelaki lain, membantu mereka untuk tetap gadhul bashar (menjaga pandangan), membantu mereka agar tidak mudah menggoda perempuan baik yang belum berhijab maupun yang sudah, membantu mereka agar lebih sopan untuk berkomentar.

Karena kita, kaum perempuan, tidak tahu apa yang sebenarnya. Mungkin benar bila kita tidak membuat sengaja kaum lelaki begitu, tapi setidaknya kita sudah membantu untuk tidak upload atau pajang foto kita.

Ah, saya juga lagi tahap belajar untuk tidak upload foto diri. Jangan kalian kira saya ini makhluk sok suci. Saya sama seperti kalian. Mencoba untuk tidak menjadikan diri sebagai kandang dosa.

Berfoto itu tidak salah, tapi cukup simpan sebagai koleksi pribadi saja. Tidak mengapa kan?
Karena kita juga tidak mau foto kita disalah gunakan oleh tangan-tangan nakal diluar sana. Sedang kita tidak mengetahuinya. Akun private pun juga belum tentu menolong kok.

Tulisan ini tidak bermaksud menggurui dan menghakimi atau apapun itu. Karena kebaikan itu harus disampaikan walau menyakitkan. Semoga kita selalu dalam lindunganNya. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2016. Designed by Ismi Islamia Fathurrahmi