Chocomous: Maksud Kerudung Menyerupai Punuk Unta

Maksud Kerudung Menyerupai Punuk Unta


Maksud Kerudung Menyerupai Punuk Unta - Jika sebelumnya saya pernah share tentang buku 'Udah, Putusin Aja!' yg ditulis oleh Ust. Felix Siauw, kali ini saya akan share tentang jilbab yg baik & benar. Judul artikel kumpulan tweet beliau adalah "Maksud kerudung menyerupai punuk unta?". Mari kita pahami bersama:)
Maksud Kerudung Menyerupai Punuk Unta
  1. Mengenai kerudung (khimar), maka ada petunjuk khusus dari Rasulullah SAW, bahwa dilarang bagi muslimah mengenakannya serupa punuk unta.
  2. “Ada 2 golongan penduduk neraka yg belum pernah aku lihat, (1) kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia. (2)
    1. para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring wanita seperti itu takkan masuk surga dan takan mencium baunya, walau baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian”. (HR Muslim).
  3. Nah, siapa itu ‘berpakaian tapi telanjang’? | banyak pendapat tentangnya, misal, ‘yang dimaksud adalah wanita yang mengenakan penutup aurat yg tipis/ketat’.
  4. Lalu apa yang dimaksud ‘berlenggak-lenggok’? | salah satu pendapat, adalah ‘menunjukkan perhiasan, berjalan lenggak-lenggok untuk goda lelaki’.
  5. Lalu apa yang dimaksud punuk onta yg miring? | salah satu pendapat, ‘menggelung dan memilin rambut keatas/kbelakang sehingga tampak seperti punuk unta’.
  6. Kerudung yang serupai punuk unta ini sayangnya banyak yg diterapkan saat ini, padahal kita harus hindari.
  7. Solusi agar tak seperti punuk unta | sila gelung rambut kebawah, intinya agar tak mewujud rambut kita menjadi tonjolan kerudung.
  8. Lebarkan khimar, insya Allah muslimah-muslimah akan lebih anggun, rambut tak terpapar dan bebas dari punuk unta.
Sama seperti sebelumnya, mari kita sama-sama pahami, renungkan, amalkan & sampaikan. And FYI, mengenai punuk unta ini sudah jelas disebutkan dalam hadist shahih. Itu artinya semua ini hanyalah pembahasan dari apa yg sudah disampaikan oleh Rasul. Dan tidak ada keraguan sedikitpun atas apa yg Rasul ucapkan & kerjakan.

Btw saya juga sedang dalam proses belajar, jadi mohon diingatkan jika suatu ketika saya khilaf.

“Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” (HR. Tirmidzi no. 2260. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan). 

Semoga Allah memberikan kita kekuatan dalam menjalankan ibadah. Aamiin.

Wallahu a'lam.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2016. Designed by Ismi Islamia Fathurrahmi