Chocomous: See No Evil, Hear No Evil & Speak No Evil

See No Evil, Hear No Evil & Speak No Evil

See No Evil, Hear No Evil & Speak No Evil - Berhubung ini bulan Suci Ramadhan, kali ini saya bakal membahas hal-hal yang berkaitan dengan bulan suci ramadhan :D yaahh walaupun ini udah setengah bulan kita ngejalanin puasa, setidaknya saya nggak telat dong untuk ngepostingnya hehe.

nah guys, di bulan suci ramadhan ini kita harus menjaga sikap & tingkah laku kita, baik dalam melihat,  mendengar ataupun berbicara. Kalo kita udah bisa menjaga mata, telinga dan mulut kita dari hal-hal yang negatif, insha Allah deh kita ngejalanin puasanya dengan khusyuk :)
tapi terkadang kita suka ngelakuinnya tanpa disengaja, nah gimana sih supaya kita bisa menghindarinya? oke, berikut tips-tips nya:

  • SEE NO EVIL
Ngeliat yang nggak2 itu dilarang banget di bulan puasa. Mulai dari nontonin video gak bener, ngintipin orang mandi, ngeliat hal-hal negatif secara sengaja & ngintipin makanan orang #eh? haha.


1. Ajak dan anjurkan kaum hawa yang dekat dengan kita untuk berpakaian baik dan menutup aurat
Coba deh kalian yang cowok bayangin kalo semua cewek pake pakaian yang menutupi aurat, emm mungkin kalian bisa mempuasakan mata kalian jadi lebih mudah kan? So, ajak deh temen2 cewek kalian untuk pake hijab setidaknya hanya untuk di bulan suci ini.

2. Mengurangi aktifitas di luar rumah
Bosen di rumah? hmm kenapa sih banyak orang yang suka ngeluh, bahkan suka bikin status 'bosen banget deh gue dirumah!'. Padahal banyak banyak banget aktifitas atau hal-hal positif yang bisa nambahin pahala kita, mumpung setiap ibadah di bulan ramadhan ini dilipat gandakan pahalanya. Jadi kurangilah aktifitas diluar rumah yang tidak perlu, seperti hangout bareng temen, karaokean, dll. Selain ngurangin ngeliat hal-hal yang nggak bener, menghemat uang juga termasuk keuntungan tersendiri bagi kita, kan? :)

  • HEAR NO EVIL
Did you know guys?? Ngedengerin hal-hal yang gak ada gunanya, seperti gosip atau hal-hal yang ada unsur maksiatnya bakalan ngurangin nilai puasa kita loh. Jadi penting banget untuk memilah-milih temen sepergaulan kita. Well.. sebagian orang bilang sih gak boleh milah-milih temen, tapi saya sama sekali gak setuju! kenapa? bagi saya milah-milih temen itu penting banget, bukan dari hal material ataupun fisik, tapi dari sikap dan tingkah laku. Kalo kita punya temen yang sukanya clubbing, malas, jorok, songong, emm saya pastiin kita bakalan terpengaruh dengan sifat-sifat tersebut. Saya gak nyaranin untuk ngejauh dari orang-orang kayak gitu, hanya aja kita perlu jaga jarak sama tu orang. Dan lebih baik lagi, kalo kita bisa mengarahkan dia ke hal-hah yang positif. Jadi kesimpulannya, orang-orang disekitar kita sangat berpengaruh dalam hal menjaga pendengaran kita, karena dengan sikap dan tingkah laku dapat mencerminkan apakah seseorang itu bertutur kata baik atau tidak.

  • SPEAK NO EVIL
Gak cuma di bulan puasa aja kita dilarang ngegosip, ngomongin yang nggak2, memfitnah, bohong, tapi di kehidupan sehari-hari juga gak boleh kok. yahh honestly, kita susah banget ngelepasin kebiasaan itu. As we know, cewek itu gak jauh2 dari gosip, mulai dari ngegosipin temen, pacarnya si itu, bonyoknya si itu, sampee ke kakek-neneknya juga mreka gosipin ckck (waduuhh -.- HAHA). Tapi tenang guyss, saya punya solusinya agar kita bisa terhindar dari hal2 tersebut. 

1. Membaca Al-Qur'an
Bacalah Al-Qur'an dan jadikanlah Al-Qur'an sebagai pedoman kita sehari-hari. Pada saat kita membaca Al-Qur'an, kita setidaknya paham dan mengerti maksud dari tiap ayat yang kita baca, ini wajib loh guys! gak mungkin dong kita cuma baca aja, ntar pas ditanya orang 'apa sih maksudnya?', kitanya ngeblank. Selain itu juga, kalo kita ngerti dan paham maksud atau arti dari yang kita baca, insha Allah kita bisa menjadikannya pedoman dan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lebih baik lagi kalo kita senantiasa berusaha untuk menghafalkannya, yakin deh guyss pahalanya besar kalo kita bisa menghafalkannya :-)  siapa sih yang gak mau dapet pahala?

2. Jangan sombong 
Berpenampilan yang berlebihan juga termasuk sikap menyombongkan diri loh guys. Gak percaya? Coba deh kalo kalian lihat seorang cewek yang pake kalungnya 3, gelangnya 5, bajunya penuh accesoris, dandanannya menor + bunyi suara hak sepatu yang katanya ratusan ribu itu, emm..udah dipastiin tu cewek jalannya dengan kepala menungak. Dan ditambah lagi kalo accesoris yang dia pake' itu bukan punya dia/bukan hasil dari jerih payah dia sendiri. hufftt :/ jujur saya gak pede dengan dandanan dan accesoris yang kayak begituan u,u Membanggakan diri dihadapan manusia, apa sih untungya? Fine, mungkin bisa jadi orang termodis di lingkungan sekelilingnya, tapi apa itu selamanya? nggak guys, kehidupan sejati dan abadi itu hanya ada di akhirat.
Sikap Sombong yang lainnya diantaranya tidak boleh kagum dengan diri sendiri, sok fasih dan terlalu memaksakan diri dalam bertutur kata. Mengapa? karena ini merupakan sifat yang sangat dibenci Rasulullah. So guys, keep your mouth okay ? (:

3. Talkless, Do More
Quote ini udah familiar banget di telinga kita, bahkan di iklan2 pun banyak yang menggunakan quote ini untuk dijadiin slogan. Tapi apakah kalian tau apa maksud dari 'Talkless Do More'?  Sebenarnya quote ini terinspirasi dari Rasulullah, dimana Rasulullah lebih banyak diam dan banyak berfikir. Beliau menjauhkan diri dari terlau banyak tertawa dan menyibukkan diri dengan hal-hal positif. Memang sih tertawa itu menyehatkan, tapi gak berlebihan juga dong(ntar malah dikirain orang gila XD). Jadi mulai dari sekarang, hindari terlalu banyak tertawa, terlalu banyak berbicara ataupun berceloteh. Lebih baik kita menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif. Dan kalo berbicara juga harus mengandung hal yang baik, kalo nggak yaa..lebih baik diam. 

Okay Guys, sebenarnya masih banyak lagi tips2 yang mau saya kasih ke kalian. Tapi saya rasa tips2 diatas udah cukup kok untuk kita terapkan di bulan puasa ini. Semoga bermanfaat bagi Readers semuaa ☺

Wallahu a'lam.


No comments:

Post a Comment

Copyright © 2016. Designed by Ismi Islamia Fathurrahmi